Bali sudah sangat dikenal sebagai surga wisata bagi wisatawan lokal atau mancanegara. Salah satu andalan Bali adalah wisata budaya yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Wisata budaya merupakan perjalanan wisata untuk mengunjungi tempat lain dengan tujuan melihat kebiasaan dan adat istiadat rakyatnya. Salah satu contohnya yaitu menikmati wisata budaya di Bali. Karena seni dan adat istiadat di Bali sudah sangat melekat dengan kehidupan sehari hari warga Bali.
Setiap orang sangat membutuhkan liburan untuk mengobati stress karena bekerja dan jenuh karena rutinitas harian yang membosankan. Dengan berlibur maka penat, stress dan masalah akan terlupakan sejenak. Sesungguhnya liburan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk me-refresh otak. Ada beragam tujuan liburan yang tersedia di Indonesia atau mancanegara.
Beberapa orang sangat suka liburan ke luar negeri yang menghabiskan budget cukup besar karena harus mengkonversikan mata uang saat berada di luar negeri. Beberapa orang juga sangat suka dengan keindahan alam Indonesia yang menyajikan pemandangan Laut, gunung bahkan air terjun yang tidak terhitung jumlahnya. Berikut kami akan menyajikan pilihan berupa wisata budaya di Bali yang sangat menarik untuk di kunjungi. Bali memiliki unsur budaya dan adat istiadat yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bali. Berikut beberapa jenis budaya yang bisa dinikmati wisatawan saat mengunjungi Bali :
1. Tarian tradisional di Bali, tari Bali sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara, banyak wisatawan asing yang sengaja datang ke Bali untuk melihat pertunjukan tari tradisional Bali, Biasanya beberapa tempat wisata Bali menjadwalkan pertunjukan tari tradisional pada jam-jam tertentu, seperti tari kecak dengan latar belakang sunset di Uluwatu, tari Barong saat mengunjungi GWK, atau coba kunjungi Pura Saren Ubud untuk menyaksikan tari Barong dan tari Legong.
2. Wisata budaya di Bali lainnya yaitu menyaksikan upacara tradisional seperti pada saat Hari Raya Galungan, atau bisa menyaksikan upacara Ngaben yang mengandung unsur spiritual yang sangat tinggi yang dilaksanakan untuk upacara bakar jenazah.
3. Mengunjungi desa budaya, Kerajinan tangan Bali sangat indah, banyak kerajinan tangan tradisionalnya yang dijadikan buah tangan wisatawan saat mengunjungi Bali. Mengunjungi langsung Desa Seni atau Desa Budaya dimana para pengrajin membuat dan memproduksi hasil karyanya. Desa ini umumnya dihuni oleh para pengrajin yang kesehariannya membuat kerajinan tangan seperti patung dan perak Bali. Untuk seni ukiran bisa mengunjungi Desa Mas Gianyar Barat, lalu untuk mengunjungi tempat kerajinan perak dan emas datanglah ke Desa Celuk. Ada beberapa desa budaya lain seperti Desa Tanganan, Desa Penglipuran.
4. Mengunjungi Pura, Bali sangat identik dengan tempat ibadah umat Hindu yang indah dan sakral. Beberapa Pura berada dilokasi wisata yang sudah sangat terkenal seperti Pura Tanah Lot yang berada di atas batu tepat di tepi pantai dengan pamandangan sunsetnya yang sangat mempesona, Selain itu ada Pura Tirta Empul yang berlokasi di Ubud berupa tempat ritual mandi untuk penyucian diri, ada juga Pura Besakih yang merupakan Pura terbesar di kaki Gunung Agung.
Membicarakan Bali seakan tidak pernah habis karena keindahahan alam, keramahan penduduk dan wisata budaya di Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi. Luangkan waktu untuk berlibur menghilangkan penat bekerja agar kondisi tubuh dan pikiran anda segar kembali saat usai liburan dan siap memulai aktifitas rutin.

Comments