Indonesia memiliki beragam makanan khas daerah. Beragam makanan khas tersebut menjadi buruan beberapa orang yang memiliki hobby melakukan wisata kuliner Indonesia.

Beberapa daerah dengan kuliner khas Indonesia.
Indonesia memiliki 34 provinsi di beberapa kepulauan yang tersebar dari sabang sampai merauke. Bisa dibayangkan kalau setiap provinsi terdiri dari beberapa daerah yang memiliki masakan khas masing masing. Maka jumlah makanan khas indonesia sangat banyak dan beragam. Selain makanan ada juga kue-kue daerah yang sangat banyak jumlahnya, beragam makanan dan kue tersebut menjadi tujuan wisata kuliner khas Indonesia yang layak untuk dicoba.
Daftar daerah dengan makanan khasnya masing-masing :
1. Yogyakarta, kota ini memiliki daerah untuk berwisata kuliner di malam hari. Sepanjang Jalan Malioboro menawarkan makanan gudeng yang dijual di angkringan secara lesehan. Ciri makanan khas Jawa Tengah memiliki rasa manis dan gurih. Selain Gudeg, ada juga aneka bacem, tongseng, bakmi jawa, gulai, nasi pecel dan sate klathak. Untuk minuman khas biasa ditawarkan kopi joss yang merupakan minuman khas lokal. Untuk snack oleh-oleh khas Yogyakarta adalah jenang, getuk, wajik dan wingko yang juga terasa manis dan gurih.
2. Bandung, Jawa Barat, di Bandung banyak jajanan khas yang ditawarkan di kedai-kedai pinggir jalan sekitar Dago atau di jual di toko khas penjual kuliner oleh-oleh. Jajanan khas Bandung yang sudah banyak dijual sejak dulu adalah colenak. Colenak merupakan tape bakar yang diberi saus kelapa dan gula merah. Selain colenak ada juga cireng atau aci digoreng. Sekitar awal tahun 2000an di Bandung mulai terkenal dengan makanan khas batagor dan siomay khas Bandung, makanan ini sebenarnya banyak dijual di tempat lain, namun batagor dan siomay khas bandung ukurannya lebih besar serta bumbu kacangnya lebih kental. Masih ada jajanan khas Bandung lainnya seperti pisang molen, peuyeum, kue sus, bandrek, es cendol dan bajigur. Untuk jenis makanan ditawarkan soto bandung, mie kocok, combro, misro dan lotek/karedok.
3. Padang, bergerak ke wilayah Sumatera Barat kita akan menemukan surga kuliner di Padang, untuk makanan sudah pasti kenal dengan nasi padang, namun coba makan nasi padang di tempat aslinya dengan suasana Bukit Tinggi maka kita akan merasakan cita rasa masakan padang yang berbeda. Makanan primadona yang biasa disediakan di padang antara lain, rendang, soto dan ketupat sayur khas Padang. Masih ada pilihan lain yaitu dendeng balado, dendeng batokok, aneka gulai, dan untuk sate tersedia 2 jenis sate khas yaitu sate padang pariaman dan sate padang panjang.
4. Aceh, kota Aceh terkenal dengan rempah kopinya, Kopi yang terkenal di Indonesia selain kopi luwak adalah kopi aceh atau biasa disebut juga kopi gayo. Selain kopi, di Aceh ada makanan khas ayam tangkap, mie aceh, bingkang dan kue timphan.
Ciri kuliner khas Indonesia pada umumnya kaya bumbu dan memiliki aroma yang menggugah selera. Di beberapa daerah mengolah makanan dengan rasa pedas yang lebih banyak sehingga untuk orang yang mencicipi dari daerah lain bisa merasa kepedasan atau bahkan sakit perut kalau mengkonsumsi terlalu banyak.

Bahan dasar masakan khas daerah.
Sebelum memesan kuliner khas Indonesia daerah tertentu ada baiknya bertanya bahan yang dijadikan makanan, karena beberapa daerah yang memiliki mayoritas warga non muslim biasa menyajikan makanan bukan halal karena memang warga yang membeli sudah mengerti bahan yang dijadikan makanan.

Comments