Bagi yang biasa melakukan traveling, budget menjadi hal penting agar semakin banyak tempat wisata yang didatangi namun budget tetap minim. Traveling hemat biaya bisa tetap dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan asalkan direncanakan dengan matang dan menggunakan trik hemat selama perjalanan.
Berwisata terkadang terbentur masalah biaya karena biaya hidup ditempat wisata mahal atau perjalanan ke tempat tujuan harus menggunakan pesawat. Jangan takut untuk mulai mengunjungi tempat wisata baru dengan budget minim, persiapkan perjalanan dari jauh hari sambil menabung untuk mempersiapkan budget yang akan dikeluarkan.
Berikut beberapa tips traveling hemat biaya tapi tetap nyaman untuk dilakukan antara lain :
1. Pesan tiket promo. Sekarang memesan tiket bisa beberapa bulan sebelum perjalanan, baik tiket kereta atau tiket pesawat bisa dipesan secara online bahkan banyak penawaran promo yang diberikan untuk meningkatkan penjualan tiket.
2. Jangan melakukan perjalanan saat musim liburan. Syarat yang satu ini syarat mutlak untuk yang ingin traveling hemat biaya adalah melakukan perjalanan selain musim liburan atau saat low season. Hindari juga liburan saat weekend karena berbagai alasan antara lain, harga tiket jauh lebih mahal saat liburan atau weekend dibanding hari biasa, berlaku juga dengan harga penginapan dan tiket masuk wisata. Sewa kendaraan juga menjadi lebih sulit saat terdesak pihak rental akan menawarkan kendaraan dengan harga sewa lebih mahal.
3. Gunakan jaringan wifi. Setiap mengunjungi tempat baru, tarif internet atau tarif per kuota akan berbeda dari tempat asal. Ada beberapa trik agar tetap bisa menggunakan internet di lokasi wisata namun tips paling hemat adalah menggunakan jaringan wifi gratis yang disediakan penginapan, resto atau bahkan bus perjalanan.
4. Pilih Open Trip traveling, cara ini bisa dikatakan ampuh untuk menekan biaya perjalanan, Open trip adalah perjalanan wisata gabungan dari beberapa atau 1 agen wisata yang menawarkan perjalanan sejak jauh hari dengan syarat memberikan DP dan saat perjalanan peserta akan bertemu dengan traveler lain tanpa mengenal satu sama lain. Cara ini banyak dilakukan agen perjalanan backpaker yang mempertemukan beberapa backpaker dalam 1 paket perjalanan.
5. Pilih waktu berkendaraan malam hari dan tiba di tempat wisata pagi atau siang hari. Manfaatkan night flight atau naik kereta malam untuk perjalanan jarak jauh sehingga sampai ditempat tujuan sudah pagi tanpa repot memesan hotel untuk menginap atau istirahat. Selain menghemat biaya peginapan, waktu perjalanan lebih efisien karena istirahat dilakukan selama diperjalanan.
6. Lakukan perjalanan bersama teman dengan berlaku ketentuan minimal peserta, ada beberapa lokasi yang mengharuskan perjalanan dilakukan lebih dari 1 atau 2 orang agar lebih hemat, seperti perjalanan ke Bromo untuk menyewa jeep sebaiknya minimal 5 atau 6 orang agar harga sewa lebih murah karena harga sewa dihitung per-jeep bukan per-peserta. Menyewa kapal penyebrangan dibeberapa tujuan wisata juga memberlakukan hal sama.
Jangan khawatir berwisata dengan budget minim karena traveling hemat biaya bisa dilakukan dengan persiapan matang. Jangan takut mengunjungi tempat baru yang jauh atau asing karena setiap perjalanan adalah pengalaman yang menarik untuk di coba.
Saat ini banyak tempat wisata baru yang diperkenalkan di media sosial karena perkembangan media sosial sangat pesat sehingga beberapa orang memanfaatkan sosmed untuk menunjukan eksistensinya di dunia maya dengan mengupload foto di berbagai tempat wisata.

Comments