Batur dikenal sebagai gunung yang memiliki Kaldera terluas, Gunung Batur selain menyuguhkan keindahan Danau Batur, juga memberikan pemandangan Gunnung Abang dan Gunung Rinjani yang megah di belakangnya. Untuk mencapai Gunung Batur harus mengunjungi Desa Toya Bungkah atau bertemu di starting point Pura Jati Luhur. Di mulai dari lokasi ini perjalanan bisa dimulai dan pengunjung akan di kenakan biaya retribusi Rp. 10.000,-/orang. Bagi pendaki pemula yang belum pernah naik Gunung Batur disarankan menggunakan pemandu dengan tarif sekitar Rp. 300.000,- sampai Rp. 400.000,-/guide. Melakukan wisata Kintamani Bali atau bermalam di wilayah Gunung Batur tidak ada salahnya mencoba trekking di Gunung Batur.
Wisatawan asing atau lokal cukup banyak yang datang ke wisata Kintamani Bali untuk melakukan pendakian mencapai posisi tertinggi dengan tujuan melihat matahari terbit dari puncak Gunung Batur. Terdapat beberapa jalur yang disediakan untuk jalur trekking ke Gunung Batur. Akses menuju lokasi di beri fasilitas tempat parkir yang luas agar bisa menampung kendaraan. Untuk mencapai puncak disiapkan pemandu dengan aturan satu pemandu membawa maksimal empat pendaki. Umumnya wisatawan mulai melakukan pendakian pukul tiga pagi. Pendakian memakan waktu sekitar 1,5 jam sampai 2 jam. Tujuan melakukan pendakian pukul tiga pagi agar mendapat sunrise sekitar pukul 05.45 pagi dari ketinggian Gunung Batur
Jalur pendakian Gunung Batur melalui beberapa jalur perlintasan. Lintasan pertama masih terasa landai, namun semakin lama akan terasa semakin menanjak hingga pendakian 40 menit kemudian mulai terasa berat, Selanjutnya jalur pendakian menjadi pasir berbatuan licin dan terus menanjak dengan pijakan yang sama sampai puncak. Pendakian dari starting point hingga mencapai Pos 1 membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 40 menit, dan kemudian 50 menit terakhir trek pendakian sangat licin dan sempit. Jalur mulai dirasa sulit sejak dari Pos 1 hingga menuju puncak. Perhatikan cuaca sebelum melakukan pendakian apabila cuaca kurang baik maka pagi hari saat berada di puncak matahari bisa tertutup awan. Apabila anda beruntung, smua rasa lelah mendaki akan dibayar dengan perasaan puas melihat pemandangan dari atas ketinggian Gunung Batur. Memilih alternatif melakukan wisata Kintamani Bali dengan trekking menuju puncak Gunung Batur adalah alternatif perjalanan yang unik dan tidak biasa.

Comments